Jumlah Pengunjung

Kamis, 23 Februari 2017

CANDI RATU BOKO, SLEMAN YOGYAKARTA (Bagian I)


Candi Ratu Boko berada tidak jauh dari Candi Prambanan, kabupaten Sleman Yogyakarta. Candi ini memang tidak asing lagi di telinga para penikmat situs purbakala. Betapa tidak, Candi Ratu Boko atau yang biasa disebut Keraton Ratu Boko ini menyuguhkan pemandangan yang sungguh luar biasa. Berada di atas bukit, membuat Candi Ratu Boko cukup strategis jika dijadikan tempat tinggal seorang raja/ratu pada zamannya. Reruntuhan Istana yang Hilang, inilah istilah yang cocok untuk menggambarkan keadaan terkini Candi Ratu Boko.

Area parkir mobil dan motor tersusun dengan rapi, dilengkapi dengan CCTV dan petugas keamanan, tentunya akan membuat nyaman pengunjung, baik pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Indonesia maupun pengunjung asing yang datang dari berbagai negara. Jadi jangan heran jika banyak turis asing yang berkunjung ke sini. Hal ini dikarenakan Candi Ratu Boko telah didaftarkan ke UNESCO sebagai salah satu dari warisan dunia.

Tiket masuk Candi Ratu Boko hanya Rp 25.000,- perorang bagi pengunjung nusantara, dengan biaya parkir hanya sebesar Rp 3.000,- untuk sepeda motor. Setelah membeli tiket di loket yang berada di samping area parkir, pengunjung pasti akan langsung mempersiapkan kamera, karena adanya sebuah tulisan “KERATON RATU BOKO” di dinding toilet, yang jika diperhatikan ke arah belakangnya akan terlihat Candi Prambanan dari kejauhan.

Setelah menyerahkan tiket kepada petugas dan melangkah masuk dan menapaki beberapa anak tangga, di sebelah kiri pengunjung akan melihat pemandangan luar biasa. Pemukiman penduduk terlihat dengan jelas dari ketinggian. Di sinilah salah satu spot terbaik untuk selfie-selfie atau menikmati pemandangan yang jarang dijumpai di tempat lain. Selain itu terdapat kursi-kursi di sepanjang anak tangga yang juga cocok untuk didokumentasikan.

Taman-taman yang indah akan dilalui setelah melewati anak tangga, dengan air mancurnya dan juga terdapat masjid untuk melaksanakan salat bagi yang beragama Islam. Dari kejauhan nampak gerbang utama beserta dengan gapura yang menjadi ciri khas dari Candi Ratu Boko.

Banyak pengunjung yang sengaja datang berkunjung ke Candi Ratu Boko karena ingin mengabadikan gapura ini atau ingin menikmati indahnya sunset. Bahkan di depan gapura ini biasa dijadikan lokasi shooting beberapa adegan film juga tempat dilaksanakannya pemotretan oleh fotografer terkemuka.
Bersambung...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar