Jumlah Pengunjung

Minggu, 09 April 2017

KABUPATEN PESISIR BARAT (KRUI)

Kabupaten Pesisir Barat yang beribu kota Krui, merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat yang beribu kota Liwa, yang disahkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung pada tanggal 25 Oktober 2012, dan diresmikan pada tanggal 22 April 2013 yang akhirnya ditetapkan sebagai hari lahirnya Kabupaten Pesisir Barat. Kabupaten termuda di Provinsi Lampung ini, hampir sebagian besar wilayahnya merupakan daerah pesisir dengan garis pantai mencapai 230 KM membentang dari Kecamatan Bengkunat Belimbing di perbatasan Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, hingga Kecamatan Lemong di perbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

Kabupaten Pesisir Barat diapit oleh Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang membentang dari perbatasan Tanjakan Sedayu Kabupaten Tanggamus hingga perbatasan dengan Kubu Perahu Liwa, Kabupaten Lampung Barat. TNBBS merupakan jalur Pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh yang berasal dari patahan Sesar Sumatra yang biasa disebut sebagai Sesar Semangko.

Kabupaten Pesisir Barat dipimpin oleh kepala daerah yaitu Bapak DR. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H., yang akrab disapa Udo Lal (udo, sebutan untuk kakak laki-laki tertua) dan Ibu Erlina, S.P., M.H., yang akrab disapa Wo Erlina (wo, sebutan untuk kakak perempuan tertua) sebagai Bupati dan Wakil Bupati definitif pertama yang dipilih secara langsung melalui Pemilihan Kepala Daerah pada tanggal 09 Desember 2015 yang lalu. Sebelumnya Kabupaten Pesisir Barat dipimpin oleh Penjabat Bupati Bapak H. Kherlani, S.E., dua tahun pertama dan dilanjutkan oleh Penjabat Bupati Bapak Drs. Qodratul Ikhwan, M.M., satu tahun berikutnya.


Kabupaten Pesisir Barat terdiri dari 11 kecamatan, meliputi:
1. Bengkunat Belimbing,
2. Bengkunat,
3. Ngambur,
4. Pesisir Selatan,
5. Krui Selatan,
6. Pesisir Tengah,
7. Way Krui,
8. Karya Penggawa,
9. Pesisir Utara,
10. Lemong, dan
11. Pulau Pisang.

Sektor Pariwisata merupakan potensi andalan Kabupaten Pesisir Barat. Jadi jangan heran jika Pantai di KRUI dijuluki sebagai Bali Kedua. Ratusan bahkan ribuan turis datang dari berbagai belahan dunia untuk berselancar di Pantai Labuhan Jukung maupun Pantai Tanjung Setia. Selain itu, Kabupaten Pesisir Barat memiliki dua pulau destinasi wisata yaitu Pulau Pisang (yang merupakan satu kecamatan dari sepuluh kecamatan lainnya) dan Pulau Betuah yang tak berpenghuni tempat habitatnya penyu yang dilindungi.

Akses perhubungan dari dan menuju Kota Krui Kabupaten Pesisir Barat Lampung bisa dilakukan melalui darat, laut, maupun udara. Jalan Nasional Lintas Barat yang menghubungkan Kabupaten Pesisir Barat dengan Provinsi Bengkulu, Pelabuhan Kuala Stabas peninggalan zaman belanda yang saat ini difungsikan sebagai dermaga perahu nelayan maupun Bandara Pekon Serai yang beberapa waktu yang lalu telah resmi berganti nama menjadi Bandara Muhammad Taufik Kiemas, dan jalan menuju bandara tersebut diberi nama Jalan Fatmawati. Pemberian nama tersebut didasarkan atas dua orang tokoh penting di Indonesia yang mempunyai darah keturunan krui.

Potensi hasil bumi dan hutan yang memiliki nilai jual tinggi seperti damar mata kucing, yang merupakan getah damar kualitas terbaik di dunia dan telah diakui internasional yang berasal dari wilayah Krui. Jadi jangan heran jika di sepanjang jalan menuju Kabupaten Pesisir Barat terdapat banyak pohon damar yang menjadi ciri khas dari Negeri Para Sai Batin dan Ulama ini.

Note:
Postingan ini merupakan postingan perdana Atlantis Photography yang mengupas objek wisata di Kabupaten Pesisir Barat. Sebagai anak pribumi yang ingin mendongkrak objek wisata di tanah kelahiran, tentunya saya pribadi Edi Saputra, S.Pd., selaku admin Atlantis Photography KRUI yang dulu pernah memiliki website www.ElankTakBersayap.Blogspot.Com yang saat ini dialihkan ke website ini, ke depannya akan fokus dengan Fotografi Dokumenter Pariwisata khususnya untuk Objek Wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat yang beribu kota KRUI. Semoga bermanfaat dan menjadi website andalan Negeri Para Sai Batin dan Ulama ini. Insya Allah. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar