Jumlah Pengunjung

Sabtu, 11 Maret 2017

CANDI UTAMA PLAOSAN LOR, KLATEN JAWA TENGAH (BAGIAN I)


Candi Plaosan berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya berada tidak jauh dari Candi Prambanan, membuat candi ini ramai dikunjungi oleh pengunjung nusantara maupun pengunjung mancanegara.

Pertama kali saya berkunjung ke candi ini, saya langsung kaget bukan kepalang. Hanya dengan membayar Rp 3.000,- saja pada petugas di pos jaga, sembari menulis biodata pengunjung pada buku daftar pengunjung, saya dapat dengan leluasa menikmati keindahan dan kemegahan Candi Utama Plaosan Lor sekaligus Candi Plaosan Kidul, yang berjarak sekitar 100 meter ke arah selatan.

Candi Plaosan Lor diresmikan pada tahun 1998 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kala itu.

Di Candi Plaosan Lor terdapat banyak patung dewa-dewa, baik yang utuh maupun yang tinggal sebagian.

Terdapat dua buah candi utama yang besar. Menurut bapak security yang sedang berjaga di pos jaga, bahwa kedua candi tersebut merupakan candi pasangan suami istri, candi yang bercorak budha dengan adanya stupa seperti Candi Borobudur yang berada di Magelang Jawa Tengah, tetapi berbentuk seperti Candi Prambanan yang bercorak Hindu, yang terdapat di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta ini. 

Jadi jangan pernah heran jika candi ini cukup terkenal, mengingat candi ini merupakan candi yang dipromosikan langsung oleh stasiun televisi RCTI dan menjadi icon stasiun televisi tersebut.

Selain kedua candi utama tersebut, terdapat banyak candi-candi kecil baik yang sudah dipugar dan berjejer seperti benteng, maupun yang masih tertumpuk dan sedang dalam proses pencocokan untuk menentukan bagian-bagiannya.

Pada saat saya sedang mengeksplor Candi Utama Plaosan Lor ini. Saya bertemu dengan Sofyan, mahasiswa asal Aceh yang sedang menuntut ilmu di salah satu universitas di Yogyakarta, yang juga sedang liburan dan berkunjung ke candi ini.

Bersambung…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar