Jumlah Pengunjung

Rabu, 08 Maret 2017

BERKELILING DI KOMPLEKS KERATON YOGYAKARTA

Daerah Istimewa Yogyakarta selain dikenal sebagai Kota Seribu Candi, yang dipimpin seorang Sultan dengan sistem pemerintahan monarki (kerajaan), juga dikenal sebagai Kota Batik Dunia oleh Dewan Kerajinan Dunia atau World Craft Council (WCC).


Saat pertama kali saya menginjakkan kaki di kompleks Keraton Yogyakarta, ada perasaan keingintahuan yang cukup mendalam untuk mengetahui seperti apa Keraton Yogyakarta. Saat itu, setelah memarkirkan motor di tempat parkiran yang berada di dekat Alun-Alun Lor, saya mulai melangkah menuju gapura yang mengarah ke Museum Kareta Karaton Ngayogyakarta. Ternyata di depan museum tersebut terdapat banyak sekali tukang bentor (becak motor) yang sedang menunggu penumpang. Saya pikir tidak ada salahnya untuk berkeliling di Kompleks Keraton Yogyakarta menggunakan bentor dengan biaya hanya sebesar Rp 10.000,- saja.

Tujuan pertama adalah melihat lukisan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang sangat saya kagumi akan keindahannya.

Kemudian berkeliling melihat bagaimana proses pembuatan batik. Mulai dari awal hingga akhir pengemasan dan siap dijual.

Dan yang terakhir melihat bagaimana proses pembuatan penganan yang menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta.

Setelah puas berkeliling dengan bentor. Saya memutuskan untuk mulai menapaki kaki di Keraton Yogyakarta. Informasi selengkapnya akan saya update pada postingan berikutnya. Selamat menikmati…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar