Jumlah Pengunjung

Selasa, 04 April 2017

BANGUNAN UNIK PILIHAN DI KOTA BANDUNG

Di Kota Bandung terdapat begitu banyak bangunan mewah nan megah. Dari sekian banyak bangunan yang mewah dan megah tersebut, terdapat bangunan-bangunan yang unik dan berbeda dari kebanyakan bangunan lainnya. Berikut ini Atlantis Photography merangkumnya dalam sebelas bangunan unik pilihan di Kota Bandung.



Teras Cihampelas merupakan bangunan unik yang pertama. Dikatakan unik karena Teras Cihampelas merupakan Taman Layang atau Taman Gantung yang membentang sepanjang sekitar 500 meter di atas Jalan Cihampelas Bandung. SkyWalk ini berbeda dari taman-taman lainnya di Kota Bandung yang didesain untuk objek wisata sekaligus relokasi pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya berjualan di sepanjang Jalan Cihampelas, yang mengganggu arus lalu lintas dan mengurangi keindahan tatanan kota.



Masjid Raya Bandung yang berada di Alun-Alun Bandung Jalan Asia Afrika ini, memiliki keunikan yaitu memiliki 3 kubah dengan 2 menara yang menjulang tinggi seperti hendak mencakar langit. Bangunan masjid nan megah ini menjadi simbol keagungan dan kebesaran Allah SWT yang telah memperlihatkan kepada hamba-hamba-Nya akan sebuah bangunan tempat ibadah yang sungguh mempesona dan menakjubkan mata yang memandangnya.




Menara BRI yang merupakan kantor pusat BRI Kota Bandung, berbeda dari kebanyakan bangunan-bangunan kantor lainnya. Sepintas jika dilihat dari jauh, Menara BRI tak ubahnya seperti sebuah hotel yang menjulang tinggi seperti kebanyakan hotel pada umumnya.




Museum Konferensi Asia Afrika berdiri dengan megahnya di Jalan Asia Afrika. Bangunan unik ini bergaya arsitektur Indo-Eropa. Di dalam museum tersebut terdapat bukti-bukti Konferensi Asia Afrika yang pernah diselenggarakan di Indonesia waktu itu.



Perpustakaan Gasibu merupakan bangunan unik berikutnya. Bangunan perpustakaan ini berbeda dari kebanyakan bangunan perpustakaan pada umumnya. Selain bangunannya yang unik dan menarik, di depan bangunan perpustakaan ini terdapat taman bunga yang tidak kalah menariknya. Perpustakaan Gasibu berada di Kompleks Lapangan Gasibu yang menghadap langsung ke Gedung Sate, yang merupakan Kantor Gubernur Jawa Barat.




Musala Gasibu berbeda dari kebanyakan bangunan tempat ibadah bagi Umat Islam ini. Dibangun dengan corak seperti rumah tempat tinggal dengan nuansa seperti bangunan yang berada di Negara Jepang.




Gedung Sate yang sejak tahun 1980 difungsikan sebagai Kantor Gubernur Jawa Barat ini, memiliki keunikan pada menara sentralnya berupa ornament tusuk sate, yang merupakan bangunan bergaya Arsitektur Indo-Eropa peninggalan zaman penjajahan Belanda.




Di Balai Kota Bandung terdapat musala tempat ibadah bagi Umat Islam yang berbeda dari kebanyakan musala pada umumnya. Berbentuk segi empat seperti peti kemas, musala yang satu ini selalu dijaga kebersihannya.




Balai Kota Bandung adalah Pusat Pemerintahan Kota Bandung. Bangunan utamanya yang juga merupakan peninggalan zaman penjajahan belanda dengan gaya Arsitektur Indo-Eropa memiliki keunikan tersendiri. Setiap mata yang memandang akan terkagum-kagum. Ditambah dengan taman bunga yang berwarna-warni yang berada di halaman depan, menambah pesona yang luar biasa.



10. Bangunan di Kompleks Cihampelas Walk (Ciwalk)

Bangunan unik berikutnya adalah bangunan yang berada di pintu masuk menuju Cihampelas Walk (Ciwalk). Bangunan yang dibangun meruncing ke atas seperti bawang ini, membuat mata yang memandangnya terkagum-kagum akan pesona yang ditawarkan.


11. Bank Indonesia (BI)

Bangunan BI yang berada tidak jauh dari Balai Kota Bandung ini menjadi salah satu bangunan unik nan megah berikutnya. Tentu tidak mudah untuk mendapatkan foto yang menampilkan bangunan BI secara keseluruhan. Pada saat saya hendak mengambil gambar, saya ditegur oleh pak polisi yang sedang berjaga di pos keamanan. Beliau menyangka saya akan menyalahgunakan hasil bidikan saya ini untuk kepentingan yang dapat merugikan pihak BI. Padahal sebelumnya saya telah meminta izin untuk mengambil gambar pada beberapa bapak security yang sedang bertugas. Dan saya diperbolehkan asal posisi sewaktu saya mengambil gambar tepat berada di luar gerbang, atau paling tidak berada di pembatas pagar. Yang terpenting sekarang, inilah gunanya saya mengambil gambar tersebut. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar